Long Life Study

Learn N Fun

Cara Cepet Nanganin syok hipovolemik

Posted by dokterhasan on February 28, 2010

Pasca ikut training course GELS (General Emergency Life Support) sedikit ngerubah cara penanganan pasen gw di IGD. Sedikit krn sebagian besar waktu gw di GELS yg membosankn slm 7 hr itu gw habisin buat ngelamun duduk di blkg…menerawang gak jelas pikiran gw sementara konsulen lg cuap2 depan kelas kasih materi. yaa, tujuan utama gw sbenernya buat nambah2in koleksi sertifikat, SKP, sekaligus jalan2.

Tp guys, gw nangkep bgt mengenai materi syok. Nah, cara penanganannya pun gw praktekin ma pasen2 syok hipovolemik yg ketemu di igd.
Caranya gini…pertama gw nilai itu syok masuk derajat brp ?…klo drjt 1 b’arti kehilangan darah 750-1500cc, drjt 3…1500-2000cc, drjt 4…> 2000cc.
nah, abis itu gw mengira2 kebutuhan cairannya kan…yg p’tama kali masuk y jelas kristaloid y…jd kebutuhan kristaloid yg hrs gw kejer secepat mungkin itu 3 x dr perkiraan kehilangan darahnya.
Seagresif mungkin gw infus 2 s/d 4 line sekaligus (kira2 aj), klo kolaps y t’paksa pake abokat kecil…Iv line yg gw masukin minimal ad 1 yg pake triway ekor panjang.
Nah, buat ngejer tuh cairan gw “Flash” cairan pake spuit 20 cc ke triway ekor itu. 10 x flash aj udah tercapai 200 cc kan jd lbh cepet tuh, sementara iv line yg lain kocor or di teken pake manset.

Klo murni masalah pd isi cairannya, IA pasti naek deh TDnya…Tp klo dah kekejer gak naik2 tuh TD dan g ada outcome yg baik coba pikirkan kemungkinan masalahnya di kontraktilitas jantung atau di rate-nya (irama EKG).

klo masalahnya di kontraktilitasnya y mainin adrenalin / dopamin / dobutamin. klo masalah di rate y koreksi kelainan iramanya sesuai standar ACLS

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: